Home > Informasi > KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM SMK 2013

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM SMK 2013

   KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR  MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
   Untuk SMK  TEKNIK MESIN

KOMPETENSI INTI (KELAS X)

KOMPETENSI DASAR

KI-1

Menghayati dan mengamalkan ajaran  agama yang dianutnya

1.1      Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan

KI-2

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1      Memilikimotivasiinternal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir,dan strategi menyelesaikan masalah dalam gambar teknik.

2.2      Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku:  teliti,  kritis, disiplin,  dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan tugas menggambar teknik.

2.3      Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli lingkungan dalam melakukan tugas dan hasil gambar teknik.

KI-3

Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

3.1      Mengenali, memahami, dan memilih alat dan  kelengkapan gambar sesuai dengan aturan penggunaan dan  prosedur

3.2      Memahami  dan menganalisis garis gambar teknik  sesuai prosedur dan aturan penerapan

3.3      Memahami dan menganalisis konsep dan aturan gambar proyeksi

KI-4

Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.

4.1      Menggunakan alat dan kelengkapan gambar sesuai fungsi dan prosedur

4.2      Mengolah, menalar,  dan menyajikan gambar bentuk konstruksi geometris sesuai jenis dan fungsi garis

4.3      Menyajikan/menghasilkan  gambar benda sesuai aturan gambar proyeksi


 

KOMPETENSI INTI (KELAS XI)

KOMPETENSI DASAR

KI-1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 

1.1  Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama dalam perancangan

 

KI-2

 

Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1  Memilikimotivasiinternal, kemampuan bekerjasama, konsisten, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan konsep berpikir,dan strategi menyelesaikan masalah dalam gambar teknik.

2.2  Mampu mentransformasi diri dalam berperilaku,  teliti,  kritis, disiplin,  dan tangguh mengadapi masalah dalam melakukan tugas menggambar teknik.

2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, santun, jujur, dan perilaku peduli lingkungan dalam melakukan tugas dan hasil gambar teknik.

KI-3

 

Memahami,menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

3.1  Menerapkan  dan memodifikasi gambar benda  melalui gambar potongan sesuai konsep dan prosedur gambar proyeksi

3.2  Memahami, menerapkan, dan memodifikasi  penempatan ukuran gambar  sesuai aturan, fakta, dan prosedur

KI-4

 

Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.

4.1  Mengolah, menalar, dan menyajikan gambar benda  melalui gambar potongan sesuai konsep dan prosedur gambar proyeksi secara efektif dan kreatif

4.2  Mengolah, menalar, dan menyajikan penempatan ukuran gambar  sesuai aturan, fakta, dan prosedur secara efektif dan kreatif

 

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: