Home > Artikel > SCHOOL OF FUTURE

SCHOOL OF FUTURE

Mengacu pada tujuan dari penyelenggaraan pendidikan di sekolah menengah kejuruan ( smk ) yang sangat menekankan peningkatan penguasaan kompetensi kejuruan serta dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan, maka peranan sarana dan prasarana di sekolah menengah kejuruan sangat mendukung dan merupakan komponen yang vital dalam peningkatan kemampuan sekolah untuk mewujudkan tujuanya. Dan ini tentunya harus juga didukung dengan system manajemen sekolah yang efektif dan efisien dalam penyelenggaraan sekolah tersebut.

Khususnya dalam peningkatan proses pembelajaran sangatlah penting dikembangkan suatu system pem.belajaran yang mengacu pada pengembangan peserta didik untuk lebih berkreatif , aktif dan berinisiatif untuk mengembembangkan dirinya tanpa harus ditekan dengan sederet aturan-aturan sekolah yang menggriring siswa , tapi semua itu timbul dari diri siswa sendiri.

School of Future ( sekolah masa depan ) merupakan impian dari setiap penyelenggara pendidikan baik itu sekolah negeri maupun swasta .Sekolah masa depan mungkin dapat digambarkan sebagai suatu sekolah yang mampu mewujudkan tujuannya yang berpijak pada kurikulum , mempunyai tenaga-tenaga pengajar yang professional dalam bidang serta didukung oleh system manajement sekolah yang bagus sehingga dapat menelorkan tamatan yang berkualitas , competent dibidangnya dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat , yaitu mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha / industri ,khususnya untuk smk. Dalam hal ini faktor-faktor yang perlu diperhatikan meliputi :

1.Profesionalisme Tenaga Pengajar.

Tenaga pengajar / guru sebagai personil yang secara langsung bersentuhan dengan siswa dan sebagai penyampai materi pelajaran ,maka dapat dikatakan guru sebagai ujung tombak dalam pencapaian tujuan sekolah , khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran disekolah tersebut.
Untuk itu guru harus mampu mengikuti perkembangan yang terjadi disekitarnya terutama hal-hal yang terkait dengan peningkatan profesionalismenya sebagai seorang guru.Salah satu alternative yang dapat dilakukan diantaranya peningkatan kemampuan guru dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi( TIK ). Disini sangatlah jelas hasil yang akan dicapai bila seorang guru mampu menguasai TI , dimana guru dapat memanfa’atkannya dalam proses pembelajaran , misalkan pembelajaran dialihkan dari yang konvensional ke system pembelajaran yang berbasis TI , salah satu contoh dengan pemanfa’atan software presentasi , test online di networkn sekolahn ,dll.
Dengan penguasaan TI guru dapat menjelajah internet untuk mencari bahan-bahan ajar guna mendukung pengembangan kemampuannya ,dimana bahan-bahan ajar tersebut sangat mudahnya kita dapatkan di website-website pendidikan yang ada. Jadi tinggal bagaimana si guru tersebut dapat menguasai Teknologi Informasi dan memanfa’atkanya secara maksimal. Depdiknas dengan Jardiknas nya , Tv Education , ini merupakan perwujudan pihak pemerintah dalam berupaya meningkatkan mutu pendidikan kita.

2.Ketersediaan Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana sekolah merupakan factor pendukung yang sangat penting dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah sehingga dapat terwujud tujuan sekolah khususnya dan tujunan pendidikan nasional pada umumnya.
Untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru maka sekolah harus menyediakan sarana-sarana yang mendukung pemanfa’atan Teknologi Informasi di sekolah tersebut, diantaranya :
Adanya perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi , misalkan perpustakaan digital ( Digital Library ) , untuk mendukung pengembangan diri siswa dan guru akan kebutuhan materi-materi pembelajaran.
Adanya Laboratorium Komputer yang memadai dengan peralatan pendukungnya .
Adanya jaringan internet di sekolah , yang dapat dimanfa’atkan baik oleh guru maupun siswa. Adapun manfa’at internet disekolah meliputi :

Bagi para guru internet menawarkan beberapa kesempatan untuk diraih:
Pengembangan Profesionalisme
(a) Meningkatkan pengetahuan
(b) Berbagi sumber data / informasi dariberagai pihak
(c) Bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri
(d) Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secra langsung
(e) Mengatur komunikasi secara teratur
(f) Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional.

Sumber bahan mengajar :
(a). Mengakses rencana belajar mengajar & metodologi baru
(b). Bahan baku & bahan jadi cocok untuk segala bidang pelajaran
(c). Mengumumkan dan berbagi sumber. Sangat tingginya popularitas / sangat tingginya minat untuk meningkatkan siswa lebih terfokus belajar.

Bagi siswa internet dapat dimanfa’atkan untuk :
Belajar sendiri secara cepat :
(a). Meningkatkan pengetahuan
(b). Belajar berinteraktif
(c). Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian

Memperkaya diri :
(a). Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
(b). Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia

3. Sistem Manajement Sekolah

Manajemen sekolah sangatlah mempunyai peran penting dalam keberhasilan dalam mencapai tujuan penyelenggaran pendidikan di sekolah, maka sangatlah penting dikembangkannya sutu sistem manajent sekolah yang efektif dan efisien , terutama dalam pengelolaan data-data sekolah sehingga dapat dengan mudah , cepat dan akurat dalam penginformasian data-data yang dibutuhkan guna sebagai acuan dalam pengambilan sebuah kebijakan sekolah. Salah satu alternatif yang mungkin dapat menjawab akan kebutuhan akan pengelolaan manajement sekolah tersebut adalah pemanfa’atan teknologi informasi semaksimal mungkin dalam pengelolaan administrasi sekolah sekolah . yang meliputi administrasi kepegawaian , administrasi kesiswaan maupun administrasi yang berkaitan dengan pengajaran.

Sumber : – Artikel- artikel pendidikan .
– Kurikulum KTSP smk.Teknologi

Categories: Artikel
  1. 10 May 2008 at 8:08 pm

    saya juga alumni smk al huda kediri ankatan 2000
    sukses terus al huda, Alhamdulilah saya bekerja di
    pusat Suzuki di jakarta Trims Al huda & my thecer

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: