Home > Artikel > Istilah-istilah penting dalam Teknik Komputer

Istilah-istilah penting dalam Teknik Komputer

Partisi Boot
Partisi boot memuat sistem operasi Windows dan file yang dapat didukung. Partisi boot bisa saja, namun tidak harus, sama dengan partisi sistem. Akan ada satu, dan hanya satu, partisi sistem, tetapi hanya ada satu partisi boot untuk setiap sistem operasi di dalam sistem multi-boot.

Catatan Pada disk dinamis, disebut sebagai volume boot.

Untuk informasi selengkapnya tentang penyimpanan disk dalam Windows XP, klik nomor artikel berikut ini untuk melihat artikel pada Basis Pengetahuan Microsoft:

314343  Penyimpanan Dasar Versus Penyimpanan Dinamis dalam Windows XP (Artikel ini mungkin berisi link ke konten berbahasa Inggris (belum diterjemahkan)).

Lihat juga: Partisi Sistem, Volume

Dual-Boot
Konfigurasi komputer yang dapat menjalankan dua sistem operasi yang berbeda.
Lihat juga: Multi Boot

Partisi Perluasan
Partisi perluasan dikembangkan sebagai respons atas diperlukannya lebih dari empat partisi per pengandar disk. Partisi perluasan itu sendiri dapat memuat multi partisi dan memperluas jumlah partisi yang dapat dipasang pada pengandar tunggal. Partisi perluasan adalah kontainer yang berisi pengandar logis yang telah diformat dan ditetapkan huruf pengandar. Pendahuluan partisi perluasan dikendalikan dengan meningkatkan kapasitas pengandar disk yang baru.

FAT (File Allocation Table)
Sistem file yang digunakan oleh MS-DOS dan sistem operasi berbasis Windows lainnya untuk mengelola dan mengatur file. Tabel alokasi file (FAT) adalah struktur data yang dibuat Windows saat Anda memformat volume dengan menggunakan sistem file FAT atau FAT32. Windows menyimpan informasi mengenai setiap file di dalam FAT sehingga dapat menerima file di waktu kemudian.
Lihat juga: FAT32, Sistem File, Sistem File NTFS

FAT32
Turunan dari sistem file FAT. FAT32 mendukung ukuran kluster yang lebih kecil dan volume yang lebih besar dibandingkan FAT, yang menghasilkan alokasi ruang yang lebih efisien di dalam volume FAT32.
Lihat juga: Tabel Alokasi File (FAT), Sistem File NTFS, Volume

Sistem File
Di dalam sistem operasi, sistem file adalah keseluruhan struktur di mana file diberi nama, disimpan, dan diatur. NTFS, FAT, dan FAT32 adalah jenis-jenis sistem file.
Lihat juga: Sistem File NTFS, FAT, FAT32

Partisi Logis
Partisi logis adalah partisi yang termuat di dalam partisi perluasan. Dalam hal penggunaannya tidak ada perbedaan dengan partisi primer yang tidak diperluas. Jumlah pengandar logis yang akan dibuat di dalam partisi perluasan dibatasi oleh sejumlah huruf pengandar yang tersedia dan jumlah ruangan hard drive yang tersedia untuk membuat kandar.

Multi Boot
Konfigurasi komputer yang dapat menjalankan dua sistem operasi yang berbeda.
Lihat juga: Dual-Boot

Sistem File NTFS
Sistem file lanjut yang memberikan kinerja, keamanan (misal, izin file dan folder), ketahanan uji, dan fitur lanjut yang tidak ditemukan di dalam versi FAT mana pun. Contohnya, NTFS menjamin konsistensi volume dengan menggunakan log transaksi dan teknik pemulihan standar. Apabila sistem gagal, NTFS menggunakan file log dan informasi centang untuk memulihkan konsistensi sistem file. Pada Windows 2000 dan Windows XP, NTFS juga menyediakan fitur lanjut seperti enkripsi, titik Reparse, file Sparse, Jurnal USN, dan kuota disk.
Lihat juga: FAT32, Tabel alokasi File (FAT), Sistem File

Partisi Primer
Partisi yang digunakan untuk mulai menjalankan sistem operasi. Partisi primer yang menempati satu dari keempat slot partisi primer di dalam tabel partisi pengandar disk. Anda juga dapat menggunakan partisi primer yang tidak berisi sistem operasi.

Partisi Sistem
Partisi sistem mengacu pada volume disk yang memuat file perangkat keras khusus yang diperlukan untuk menjalankan Windows, seperti Ntldr, Boot.ini, dan Ntdetect.com. Partisi sistem bisa saja, namun tidak harus, berupa volume yang sama dengan partisi boot.

Catatan Pada disk dinamis, disebut sebagai volume sistem.

Lihat juga: Partisi Boot, Volume

Volume
Volume adalah area penyimpanan di dalam perangkat keras yang merupakan partisi primer atau pengandar logis di dalam partisi perluasan. Volume diformat dengan menggunakan sistem file, seperti FAT atau NTFS, dan memiliki huruf pengandar yang telah ditetapkan. Anda dapat menampilkan konten sebuah volume dengan mengklik ikonnya pada Windows Explorer atau pada Komputer Saya. Kandar keras tunggal bisa mempunyai multi-volume, dan volume bisa juga meliputi multi disk.
Lihat juga: Tabel Alokasi File (FAT), Sistem File NTFS

Refferensi : berbagai artikel tentang Komputer

Categories: Artikel Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: